Senin, 01 Agustus 2016

cara memerah susu sapi

Memerah Susu. Kegiatan memerah susu sapi FH secara manual sebenarnya merupakan kegiatan seni yang mengasyikkan dan sangat mudah dipelajari. Syarat utamanya adalah harus berani dekat-dekat dengan sapi FH bahkan sangat dekat. Nah, jika anda berminat untuk mempelajari teknik dan cara pemerahan susu sapi FH silahkan simak yang berikut ini.

Susu Sapi FH

Hal paling utama yang harus dilakukan sebelum melakukan pemerahan susu sapi, ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh peternak, diantaranya :
  • Mencuci/membersihkan ambing sapi dengan air hangat
  • kandang sapi sudah dibersihkan
  • Pastikan peralatan yang akan digunakan berada dalam keadaan steril
Kegunaan pembersihan ambing dengan air hangat bertujuan untuk :
  • merangsang keluarnya air susu
  • mengurangi kemungkinan air susu terkontimanasi oleh berbagai macam  bakteri
  • mengurangi munculnya masitis
Gangguan masitis jika dibiarkan bisa mempengaruhi produksi susu sapi, menurunkan produksi susu hingga 30 %. 
Suhu air yang digunakan untuk mencuci ambing sapi berada diantara 48 – 57 derajat celcius, dan lebih baik jika air mengandung disenfektan. 
Umumnya peternak menggunakan air yang mengandung :
  • campuran amonium
  • campuran iodine cair
Selain untuk membersihkan ambing, cairan ini juga digunakan untuk membersihkan alat yang akan digunakan dalam memerah susu.

Cara pembersihan ambing adalah dengan cara:
Manual
yaitu dengan mengelapkan handuk basah ke ambing, dan kemudian dikeringkan dengan menggunakan handuk kering.
Modern
Pada peternakan yang sudah modern, pencucian ambing sapi dilakukan dengan menggunakan alat semprot khusus yang diisi dengan air hangat.

Untuk memerah susu sapi, bisa digunakan metode :
Manual
Dengan menggunakan tangan, yang terbagi menjadi tiga cara, yaitu :
  • menggunakan lima jari
  • kunevelens
  • strip method
Modern
Dengan menggunakan mesin perah. Biasanya digunakan pada negara penghasil susu sapi dalam volume besar untuk menghemat waktu dan tenaga. Namun penggunaan mesin perah tidak dianjurkan untuk pemerahan pertama pada sapi betina yang baru dewasa karena bisa menyebabkan luka pada ambing sapi. Dan bila dalam tiga hari pertama pemerahan menggunakan tangan tidak bisa membuat susu sapi keluar, maka sapi betina yang baru pertama kali diperah susunya bisa diberikan suntikan hormon oxytocin. 

Cara Memerah Susu Sapi FH Secara Manual 

Memerah Susu Sapi Dengan Metode Manual
Adapun langkah-langkah memerah susu sapi dengan metode manual atau metode menggunakan tangan adalah sebagai berikut :
*) Ikat Sapi Ke Tiang




*) Bersihkan puting susu sapi yang akan diperah dengan air sabun yang hangat atau yodium. Air sabun yang hangat dapat menstimulasi keluarnya susu sapi


*) Tempatkan ember di bawah ambing. Lebih baik lagi, tahan di antara kaki Anda. Hal ini membutuhkan latihan, tetapi bisa dilakukan, mudah dan nyaman. Posisi ini akan menurunkan kemungkinan sapi menendang melalui ember


*) Duduk atau jongkok dalam posisi yang akan memungkinkan Anda untuk menjauh dengan cepat jika sapi menjadi tidak kooperatif. Duduk bersila di tanah, misalnya, tbukan merupakan posisi yang baik atau aman. Bangku tempat duduk bisa dibuat dengan bentuk huruf T, seperti pada gambar


*) Oleskan Hand Lotion ke tangan untuk meminimalkan gesekan kasar


*) Gunakan masing-masing empat jari tangan Anda untuk memerah. Anda bisa memerah puting susu sapi secara diagonal, misalkan puting kiri depan dan kanan belakang



Sumber : _http://www.wikihow.com/Milk-a-Cow

Tidak ada komentar:

Posting Komentar