Sabtu, 19 November 2016

Jomblo Nganggur

Namaku Doni umur 25 tahun perkerjaan sebagai pengacara “penggangguran banyak acara” walaupun menganggur tapi saya tidak bersantai-santai karena saya banyak acara. Ilmu pengacara ini saya dapatkan ketika berkunjung ke rumah paman di Palembang, orang-orang Palembang jika ditanya “mau kemana?” kemungkinan besar dijawab “ado gawe” jadi di Palembang itu tingkat penganggurannya kecil, karena itu saya memutuskan buat tinggal di Palembang jika saya tetap tinggal di desa saya bisa-bisa dibilang “Bujang Nganggur”.
Sebenarnya saya ini sudah banyak pengalaman kerja mulai dari tukang servis kompor, tukang bakso bakar, tukang koran, pemulung, dan yang terakhir jadi “Ngulo” atau mediator. Mediator hanya modal omongan saja bisa dapet duit caranya yaa kalau orang mau jual rumah ngomong ke saya “Don, saya mau jual rumah tolong cariin orang yang berminat” saya tinggal jawab “siap, ntar saya cariin pembelinya” nah jika sudah ada pembeli baru saya dapet duit hasil “Ngulo” dan saya ini bukan hanya mediator rumah saja tetapi mediator serba bisa, waktu itu ada teman saya mau jual pacarnya dia bilang “Don, saya mau jual pacar saya tolong cariin orang yang berminat” nah langsung saya jawab “siap, nanti saya beli” kan enak dapet pacar plus dapet duit.
Sebenernya saya ini bisa jadi ganteng, sukses, terkenal, punya cewek cantik, tapi karena si penulis cerpennya nasibnya juga sama kayak saya jadi dia tidak mau bikin saya jadi seperti yang saya harapkan. “kamu jahat mas jahat buat aku begini” itu suara hatiku yang paling dalam, karena kalau ngomong langsung bisa-bisa kagak kelar cerpen saya atau mungkin peran utamanya diganti, kagak terkenal saya jika peran utamanya diganti.
Saya juga mau curhat tentang hubungan asmara saya. Saya ini sudah beberapa kali nembak cewek selalu ditolak mungkin sekitar 4 kali dan jawaban mereka beraneka ragam, cewek yang pertama saya tembak dan dia nolak alasannya “Mama Papa aku nggak setuju kita jadian”, cewek yang kedua alasannya “kamu terlalu baik buat aku kita temenan aja ya” padahal saya nggak ngasih apa-apa sama dia, nah cewek yang ketiga yang nolak bukan si ceweknya tapi orangtuanya cara nolaknya pun kasar kayak gini omongan orangtua si cewek “kamu ini ya sudah tua!! nggak tau malu anak saya masih SD masa mau kamu pacarin!!” lalu saya jawab “tapi tante, saya cinta sama anak tante” dengar omongan saya si bapak cewek ke belakang dapur buat ambil golok lalu dia bilang “kamu mau pergi nggak atau mau saya tebas kepala kamu!!” sambil marah-marah dan ngangkat golok kayak glowstick denger omongan bapak si cewek itu saya cepat-cepat kabur takut mati sebelum kawin saya. Nah cewek yang terakhir ini saya sudah kenal lama jadi saya tembak, eh masih juga ditolak alasan nya “maaf, suami saya sudah nunggu di rumah” dengan bergegas dia kabur ninggalin saya, saya merasa sedih kenapa ditolak melulu apakah ini salah saya atau salah penulis cerpennya hanya dia dan tisu paseo yang tau.
Mungkin kalian penasaran sama cita-cita saya yang sebenarnya jadi di paragraf penutup ini saya akan bercerita tentang cita-cita saya, cita-cita saya itu mau jadi polisi kenapa saya mau jadi polisi karena mau belajar menembak jadi kalau saya mau nembak cewek nggak mungkin ditolak palingan si ceweknya angkat tangan atau jongkok. Nah pas sudah tamat Sma kebetulan umur saya kurang 1 tahun buat daftar jadi polisi, karena itu saya selama 1 tahun membantu usaha mbah atau kakek saya usahanya mudah yaitu modal hp sama pulsa yang banyak ntar mbah saya nyebutin angka-angka saya tinggal bikin kata-katanya contohnya kayak gini “35 47 69 jika tembus silahkan kirim uang 1 juta ke nomor rek 522xxxxxxx, dijamin angkanya tembus karena berasal dari mbah Suyono yang telah komat kamit baca mantra 24 jam” nah kalau hoki nomornya tembus habis itu ada yang ngirim uang ke rekening, usaha mbah saya tidak berlangsung lama hanya 1 tahun dari pertama kali saya ngebantu mbah saya, mbah saya meninggal gara-gara kebanyakan nyebut angka-angka sama komat kamit, lupakanlah mbah saya dia lagi disiksa di kuburan karena kebanyakan jual nomor sakti.
Nah akhirnya umur saya sudah cukup buat daftar tes polisi, saya datang ke tempat tes dengan gagah, mengikuti tes dengan semangat, eh pas dites kesehatan saya gagal karena gigi ompong, lalu saya bilang begini sama yang jaga tes kesehatan “pak, saya kok nggak lulus gara-gara gigi ompong?” nah pak polisi yang jaga jawab “emang sudah ketentuannya dik, nggak ada polisi yang ompong” mendengar jawaban pak polisi itu saya langsung jawab “pak, saya ini mau jadi polisi, mau nembak penjahat bukan jadi anjing polisi buat gigit penjahat” mendengar omongan itu saya langsung diterima… di sel tahanan selama 3 hari. Yak itu dia cerita pendek tentang saya yang bernama Doni yang hidupnya susah nggak pernah senang karena penulis cerpennya nggak suka kalau saya senang, saya heran kenapa penulis cerpen ini nggak mau buat saya senang mungkin hanya dia dan tisu paseo yang tau.
NOTE: Hidup itu jangan terlalu banyak pikiran dibawa santai aja kayak si Doni walaupun jomblo plus Nganggur dia tetep berusaha walaupun saya buat usaha dia sia-sia… semoga senang dengan cerpen saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar